e

map

Rumah yang memiliki luas 90mberlokasikan di JL. Kapuas 3 No. 140, Depok Timur. Dihuni oleh 1 keluarga yang beranggotakan 5 orang, ayah ibu dan 3 orang anak.

DENAH

Untitled

Keterangan Organisasi Ruang:

  • Publik                     : Teras
  • Semi Publik         : Ruang tamu
  • Privat                     : Ruang Tidur Utama, 2 Ruang Tidur Anak
  • Service                  : Kamar Mandi, Ruang Cuci, Ruang Makan

Orientasi Bangunan :

  • Sebelah Barat menghadap ke arah jalan yang merupakan bagian depan rumah.
  • Sebelah Timur, Utara, Selatan terdapat rumah tetangga.

a. Teras

 r. t

IMG02221-20140215-1343

Teras ini berukuran 3m x 3m. terdapat kursi kursi untuk menerima para tamu. Disebelah teras terdapat sebuah kolam ikan kecil dan hewan peliharaan seperti burung ada disana.

Kelebihannya memiliki pencahayaan dan penghawaan yang bagus karena berada dibagian depan rumah.

Kekurangannya kalau lagi panas sinar mataharinya masuk kedalam dan kalau lagi hujan air hujannya masuk ke dalam, jadi perlu adanya kerai dibagian depannya untuk meminimalisir terjadinya itu semua.

b. Ruang Tamu

teras

IMG02223-20140215-1344

Ruang Tamu yang memiliki ukuran 3m x 3m ini. Dengan adanya sofa untuk menerima para tamu juga terdapat televisi yang bisa digunakan untuk  keluarga itu sendiri berkumpul atau untuk hiburan tamu yang datang, di sebelah pintu masuk terdapat jendela sebagai sirkulasi dan sumber cahaya.

Kelebihan ruangan ini pencayaan yang cukup sehingga ruangan tidak gelap.

Kekurangan ruangan ini adalah penghawaan yang tidak cukup karena jendelanya yang ditutup dan tidak dibuka jadi udaranya tidak berputar dengan baik dan memerlukan penghawaan buatan seperti kipas angin.

c. Ruang Tidur anak

 kta

IMG02239-20140216-1228

IMG02235-20140215-1347

Kedua ruang tidur anak ini memiliki ukuran 3m x 3m. terdapat jendela sebagai penghawaan. Furniture didalamnya itu ada sebuah kipas angin, kasur, meja rias, meja kayu, 2 lemari pakaian.

Kelebihan ruangan ini tidak ada

Kekurangannya pencahayaan dan penghawaan yang kurang baik karena letak ruangan ini terdapat dibagian dalam rumah, jadi diperlukan pencahayaan dan penghawaan buatan seperti lampu dan kipas angin.

d. Kamar Tidur Utama

ktu

arsling4

Kamar Tidur Utama memiliki ukuran 3m x 3m. kamar ini dihuni oleh sepasang suami istri. Furniture yang ada didalamnya, yaitu tempat tidur, televise, 1 lemari pakaian. Terdapat jendela dibagian selatan sebagai sumber pengcahayaan.

Kelebihan ruangan ini adalah pencahayaan yang baik

Kekurangannya adalah penghawaan yang kurang sehingga diperluka penghawaan buatan.

e. Ruang Kerja

r.k

IMG02222-20140215-1343

IMG02225-20140215-1344

Ruang Kerja ini dahulunya adalah ruang makan, sekarang telah diubah menjadi ruang kerja. Terdapat sebuah meja beserta kursinya, 2 lemari dan terdapat kulkas.

Kelebihan ruangan ini adalah ukurannya yang besar serta terbuka yang mengakibatkan pencahayaan diruangan ini bagus dan sirkulasi yang besar.

Kekurangannya meski begitu diperlukan lampu dan penghawaan buatan untuk menunjang kegiatan yang dilakukan disana.

f. Kamar Mandi

km

arsling1

Kamar Mandi ini memiliki ukuran 2m x 1.5m. didalamnta terdapat sebuah bak mandi, wc jongkok dan alat-alat mandi lainnya.

Kelebihan ruangan ini nyaman dipakai, pencahayaan dan penghawaan yang bagus. Karena terdapat jendela untuk pertukaran udara dan sumber cahaya alami.

Kekurangannya tidak ada.

g. Ruang Cuci

rc

Ruang Cuci ini memiliki ukuran 2,5m x 2.4m. ruangan ini terbuka dan biasa dipakai untuk mencuci baju ataupun mencuci piring.

Kelebihannya adalah karena ruangan ini terbuka jadi sirkulasinya besar dan pencahayaan, penghawaan yang baik. Pertukaran udara yang bagus karena terdapat celah dibagian atas karena memakai polycarbonate, dan udara dapat masuk kedalam.

Kekurangannya adalah kalau hujan air hujannya tampias dan dapat masuk ke bagian ruangan cuci ini karena terdapat celah dibagian atas.

h. Dapur

 d

arsling3

Dapur ini terdapat barang barang untuk memasak dan terdapat tempat seperti gudang untuk menyimpan alat-alat masak itu sendiri.

Kelebihan ruangan ini memiliki ruangan yang cukup.

Kekurangannya diperlukan pencahayaan buatan seperti lampu karena kurangnya cahaya alami yang masuk kedalamnya karena letaknya dibagian belakang rumah.

 KESIMPULAN

Rumah ini masih mempunyai kekurangan terutama pada bagian pencahayaan dan penghawaan alami. Dengan penghawaan yang kurang baik rumah ini akan terasa pengap atau terasa panas jika tidak menggunakan penghawaan buatan. Begitu juga dengan pencahayaannya harus menggunakan pencahayaan buatan seperti lampu untuk menunjang aktifitas didalamnya.