1)      Jelaskan hakikat Ilmu Sosial Dasar dan ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar :

 

  • Hakikat Ilmu Sosial Dasar :

 Ilmu Sosial Dasar (ISD) membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan dari kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi menggunakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.

 

  • Ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar :

 Ada 2 masalah yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup ISD :

(a)         Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.

(b)         Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.

Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bias dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan, yaitu :

1)             Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.

2)             Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.

3)             Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.

4)             Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.

5)             Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.

6)             Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.

Ruang lingkup materi yang di sajikan dalam ISD meliputi :

  1. Individu, keluarga, dan masyarakat.
  2. Masyarkat desa dan masyarakat kota.
  3. Masalah penduduk.
  4.  Pelapisan sosial.
  5.  Pemuda dan sosialisasi
  6. Ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemiskinan

 

2)             Jelaskan perbedaan mata kuliah Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar :

 

Kalau ISD peka terhadap lingkungan dan pandai menempatkan diri, Sementara dalam IBD lebih kepada kepribadian yang diharapkan berdasarkan nilai-nilai yang diakui masyarakat. Atau dengan kata lain, pribadi yang diharapkan dari masyarakat. Mata kuliah ini bukannya mengajarkan kita menjadi orang lain. Perlu diingat bahwa terkadang ego dibutuhkan oleh kita sebagai manusia (secara individual). Namun kita juga hidup bersama-sama dengan orang lain di dunia yang semakin sempit ini. Jadi akan lebih baik, bila kita saling berbagi, dan saling menghargai. Dan tentunya perasaan ingin dihargai adalah salah satu kebutuhan dari ego kita (sebagai individual). Jadi kesimpulannya, setelah di semester satu kita dihadapkan pada berbagai kenyataan sosial yang ada, dan bagaimana kita menghadapi dan menempatkan diri, di semester kedua ini kita diharapkan telah mengerti dan akhirnya terbentuklah kepribadian jiwa dan pikiran, sebagai manusia yang siap pakai, bukan karena keahliannya, tapi juga attitude yang benar-benar diharapkan di masyarakat yang tengah mengalami dekadensi moral yang amat sangat.

 

3)             Apa yang dimaksud dengan masalah sosial :

 

suatu kondisi yang dirumuskan atau dinyatakan oleh suatu entitas yang berpengaruh yang mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama. Entitas tersebut dapat merupakan pembicaraan umum atau menjadi topik ulasan di media massa, seperti televisi, internet, radio dan surat kabar.

 

4)             ISD sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat, Jelaskan :

Dalam kehidupan sosial di dunia ini manusia akan membentuk suatu kumpulan manusia yang saling bekerja sama hingga terbentuk yang dinamakan masyarakat, penduduk sehingga menghasilkan kebudayaan yang bernilai. Dari zaman dahulu manusia sudah memperlihatkan sifat sosial hingga saat ini pun manusia menunjukan sifat sosialnya walaupun terjadi kemajuan zaman. Indonesia merupakan Negara yang beraneka ragam suku, ras, agama, bahasa dll namun hal ini bukan merupakan perbedaan karena Indonesia menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu kebudayaan yang kaya. Kita mengenal bhineka tunggal ika yang berarti berbeda beda tetapi tetap satu jua yang menjadikan kehidupan social mempunyai tatanan sosial dalam masyarakat luas. Namun tidak jarang terjadi konflik karena perbedaan itu seperti yang terjadi pada tahun – tahun ini contoh konflik sampit, poso dll, Konflik – konflik tersebut bila berkepanjangan maka akan menimbulkan disintegerasi bangsa, Melalui mata kuliah ISD ini saya menelaah tentang tatanan masyarakat serta nilai – nilai yang terkandung didalamnya yang menjadikan kita agar tidak membeda – bedakan seseorang dalam kehidupan dimasyarakat. Diharapkan penerus bangsa yang akan datang dapat lebih baik dalam berkehidupan sosial.

Sumber :

http://muchad.com/teori-ilmu-sosial-hakikat-tujuan-ilmu-sosial-dasar.html ;

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu-sosial-dasar-by-rahman-december-16th-2009/ ;

http://www.anakciremai.com/2010/12/resume-ilmu-sosial-dan-budaya-dasar.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar2-perbedaan-ilmu-budaya-dasar-dengan-ilmu-sosial-dasar/ ;

http://umum.kompasiana.com/2009/07/06/masalah-masalah-sosial/;

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/12/penduduk-masyarakat-dan-kebudayaan-9/

About these ads